Gender

bermula dari kebingungan saya tentang fenomena yang akhir-akhir ini begitu semarak di panggung dunia, saya jadi bertanya tentang suatu makna dari suatu kata yang tidak habis-habisnya diperbincangkan dimana-mana. lantas dalam benak saya muncul pertanyaan sederhana, pertanyaan itu adalah :
.

Apa dan siapakah laki-laki dan perempuan itu…?

.
silahkan bantu saya menjawab pertanyaan di atas, atas kesediaannya sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.🙂

12 Responses to “Gender”


  1. 1 Grace January 6, 2010 at 8:09 AM

    Hey, ini kan yang saya tanyakan pada anda tempo hari melalui media formspring😛
    *makan kacan nunggu empunya blog bersabda*

  2. 2 Mizzy January 6, 2010 at 1:17 PM

    Apakah laki-laki?

    Manusia yang memiliki kromosom Y, yang menyebabkan diproduksinya hormon testosteron sehingga memunculkan karakter seksual primer (penis, testis, vas deferen, dll) dan karakter seksual sekunder (jakun, kumis, janggut, suara membesar, dll).

    Apakah perempuan?

    Manusia yang kedua kromosom kelaminnya adalah X, sehingga yang berkembang adalah ovarium, vagina, tuba falopii sebagai karakter seksual primer; sedangkan ciri seksual sekundernya seperti payudara, panggul membesar, suara mengecil, dan lain-lain.

    Siapakah laki-laki?

    Manusia yang punya ciri seksual seperti laki-laki, yang dikaruniai kelebihan dalam berpikir rasional karena (kalau ga salah inget) yang berkembang pesat adalah otak depan, yaitu bagian otak yang berperan dalam berpikir logis. Karenanya laki-laki lebih rasional dan bisa mengambil keputusan tegas. Dan ini lah sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.

    Siapakah perempuan?

    Manusia yang punya ciri seksual seperti perempuan, yang sangat dipengaruhi oleh emosi karena bagian otak yang lebih berkembang adalah bagian otak yang mengatur segala emosi (lupa namanya :P). Sehingga perempuan sifatnya menjadi lemah lembut, penyayang, sensitif. Karakter yang sesuai untuk menjadi ibu dan membesarkan anak.

  3. 3 Lambang 212° January 7, 2010 at 9:27 AM

    Lihat jawaban atas, jadi minder. benar-benar seorang psikolog dan ahli biologi. Terpaksa menjawab dengan mengunakan cara lain.

    Apa dan siapakah laki-laki dan perempuan itu? Mereka hanyalah hasil dari suatu proses evolusi yang berjalan ribuan tahun melalui mutasi genetika dan bersumber pada salah satu materi yang ada pada salah satu bintang, dan bintang inipun semula hanya berasal dari pecahan BigBang yang dianggap sebagai hipotesa final oleh para ahli tentang terjadinya alam semesta ini. Kedua hasil evolusi itu kemudian menjadi primata yang berjalan tegak di atas kedua kaki dan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari semua makhluk hidup yang ada. Masing-masing produk evolusi itu memiliki karakteristik tersendiri seperti yang disebutkan oleh mbak Mizzy pada komen di atas.

  4. 4 Lambang 212° January 14, 2010 at 9:13 PM

    Wuah, pak profesor ngilang….

  5. 5 G3mbel January 18, 2010 at 3:31 AM

    @ Grace
    .

    Hey, ini kan yang saya tanyakan pada anda tempo hari melalui media formspring
    .
    *makan kacan nunggu empunya blog bersabda*

    .
    iya 😀 terimakasih atas inspirasinya , tapi sebetulnya saya bermaksud membuka wacana diskusi saja tentang topik yang satu ini sebab saya pikir tiap orang mungkin memiliki persepsi berbeda2 atau mungkin saja hanya memiliki persepsi yang komunal saja😛
    .
    @ Mizzy
    .

    Apakah laki-laki?
    .

    Manusia yang memiliki kromosom Y, yang menyebabkan diproduksinya hormon testosteron sehingga memunculkan karakter seksual primer (penis, testis, vas deferen, dll) dan karakter seksual sekunder (jakun, kumis, janggut, suara membesar, dll).
    .
    Apakah perempuan?
    .

    Manusia yang kedua kromosom kelaminnya adalah X, sehingga yang berkembang adalah ovarium, vagina, tuba falopii sebagai karakter seksual primer; sedangkan ciri seksual sekundernya seperti payudara, panggul membesar, suara mengecil, dan lain-lain.

    .

    Waaah spechless😦 saya gak bisa menanggapi banyak soal biologi soalnya itu diluar jangkauan pengetahuan saya jawaban sederhananya saya betul-betul tidak tempe, bekal ilmu biologi saya hanyalah pelajaran waktu SMP itu 😦 .
    .
    sepertinya komentar anda dari sudut pandang biologi secara garis besar sudah mewakili.
    .
    persoalan genetika yang mencakup perihal kromosom dan DNA adalah sudah jadi bagian dari hidup anda sebab anda bukan sekedar bicara teori saja tapi sudah sampai pada praktisi jadi wajarlah saya perlu belajar banyak dari anda sebab saya samasekali tidak tahu😦 soal kromosom dan DNA bagi saya hanyalah mitos belaka sebab saya tahunya cuma dari tulisan saja 😆
    .
    tapi bolehlah saya tanggapi sekemampuan saya , sependek dari yang saya tahu.
    .
    soal karakter primer dan sekuder dalam diri manusia ini bisa dijadikan acuan penilain apa itu manusia ( dari sudut pandang fisik ) , namun tetep saja masih belum cukup memadai untuk membuka tabir misteri “ apa itu manusia ( laki-laki dan perempuan ) ..?”.
    .
    wajarlah jika fenomena manusia masih menyisakan tanda tanya besar bagi seluruh bidang pengetahuan baik itu sosial sains maupun natural sains. alasannya sederhana , pengetahuan fisiologis samasekali belum bisa sampai pada kesimpulan akhir tentang karakter manusia. sehingga di dapat spesifikasi karakter dari jenis kelamin yang menjadikan karakter laki2 dan perempuan itu terkait erat dengan bentuk fisiologisnya.
    .
    jika ini memang benar maka bagaimana dengan kasus gay, homoseksual, biseksual, lesbi atau penyimpangan seksual lainnya sehingga kita sulit menyimpulkan bahwa individu itu apakah laki-laki atau perempuan…?
    .
    jadi secara fisik boleh kita menyimpulkan bahwa laki2 dan perempuan itu bisa dibedakan dari organ fisik, namun hanya dari sudut pandang biologis saja sebab jawaban anda lebih tepatnya hanya untuk pertanyaan “apa itu perbedaan jantan dan betina bagi spesies primata homosapien..? “
    .
    untuk pertanyaan “apa itu laki-laki dan perempuan.?” sungguh jawaban anda belumlah sangat memadai mengacu pada prespektif pengetahuan interdisipliner yang meliputi seluruh bidang ilmu pengetahuan yang dikenal oleh manusia.
    .
    bisa saja jawaban “apa itu laki2 dan perempuan?” jawaban lebih lengkap dan tepatnya justru bukan dalam prespektif biologi yang notabene hanyalah setitik prepsekif dari bidang ilmu natural sains 😦 malah dalam prespektif natural sains maupun sosial sains yang keduanya berbasiskan fakta empirik.😦 tetap saja masih belum cukup memadai.
    .
    sebab dalam biologi dan sains pada umumnya ( baik itu natural maupun sosial ) manusia hanya di pandang sebagai hewan primata saja yang memiliki karakter yang tidak konsisten sebab masih berada dalam lingkaran proses evolusi yang belum mencapai keadaan puncak atau final. maka dari itu karakter mahluk homo sapien itu selalu berubah atau dengan kata lain tidak konsisten.
    .
    tentu berbeda lagi dengan sudut pandang agama dan spiritualitas . keduanya bisa sama/sejalan atau malah bertentangan dengan sudut pandang sains jadi kita mengacu pada sudut pandang mana biar segalanya jadi jelas ?🙄
    .

    Siapakah laki-laki?
    .

    Manusia yang punya ciri seksual seperti laki-laki, yang dikaruniai kelebihan dalam berpikir rasional karena (kalau ga salah inget) yang berkembang pesat adalah otak depan, yaitu bagian otak yang berperan dalam berpikir logis. Karenanya laki-laki lebih rasional dan bisa mengambil keputusan tegas. Dan ini lah sifat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin.
    .

    Siapakah perempuan?
    .

    Manusia yang punya ciri seksual seperti perempuan, yang sangat dipengaruhi oleh emosi karena bagian otak yang lebih berkembang adalah bagian otak yang mengatur segala emosi ( lupa namanya😛 ). Sehingga perempuan sifatnya menjadi lemah lembut, penyayang, sensitif. Karakter yang sesuai untuk menjadi ibu dan membesarkan anak.

    .

    nah untuk pertanyaan “siapa ini jauh lebih misterius di bandingkan dengan pertanyaan apa” sebab lebih menitik beratkan pada subjek yang nota bene bukan bersifat fisis atau lebih condong kepada entitas non fisis. sedangkan pertanyaan ”apa “ sangat jelas lebih tertuju kepada objek baik fisis maupun metafisis. adapun objek ini bersifat metafisis juga sebab objek manusia itu tidak bisa hanya di batasi oleh tubuh kasarnya saja karena tubuh kasar manusia bisa hancur dan musnah, toh tubuh kasar manusia pun pada dasarnya tersusun dari material yang terkena hukum perubahan yang akhirnya berujung pada ketiadaan ( hancur/fana).
    .
    jadi tetap saja sebagai satu asumsi , objek metafisis manusia itu harus ada sebab tanpa objek tentu eksistensi subjek manusia menjadi absurd . meskipun objek metafisis manusia sungguh sangat sulit dibuktikan dengan fakta empirik prespektif sain fisis.
    .
    sebetulnya pertanyaan siapa itu manusia ( laki2 dan perempuan ) adalah satu pertanyaan klasik dari jaman baheula pisan😆 yang mana prespektif sains maupun filsafat sepertinya sudah tidak memiliki kemampuan untuk memberikan jawaban yang tuntas , utuh dan menyeluruh sehingga wajarlah jawaban Bu Mizzy ini masih belum cukup untuk memenuhi standar kelayakan sebab masih terlalu dangkal dan literal:mrgreen: saya harap anda gak tersinggung ya.. 😆
    .

    @ Lambang 212
    .

    Lihat jawaban atas, jadi minder. benar-benar seorang psikolog dan ahli biologi. Terpaksa menjawab dengan mengunakan cara lain.

    .

    ya wajar lah mas la wong mba yang njawab d atas itu seorang biologist😆 , masalah DNA , genom dan kromosom itu kan mainan sehari-harinya:mrgreen: , sedangkan saya atau mungkin mas Lambang tahu masalah DNA dan segala tetek bengeknya itu kan sebatas baca dari tulisan jadi wajarlah hal tersebut masih di luar pengetahuan kita alias hal tersebut baru sebatas informasi😀

    .

    Apa dan siapakah laki-laki dan perempuan itu? Mereka hanyalah hasil dari suatu proses evolusi yang berjalan ribuan tahun melalui mutasi genetika dan bersumber pada salah satu materi yang ada pada salah satu bintang, dan bintang inipun semula hanya berasal dari pecahan BigBang yang dianggap sebagai hipotesa final oleh para ahli tentang terjadinya alam semesta ini. Kedua hasil evolusi itu kemudian menjadi primata yang berjalan tegak di atas kedua kaki dan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dari semua makhluk hidup yang ada. Masing-masing produk evolusi itu memiliki karakteristik tersendiri seperti yang disebutkan oleh mbak Mizzy pada komen di atas.

    .

    hahaha😆 saya pikir disini saya mencoba membedakan antara jantan dan betina dengan laki-laki dan perempuan . jantan dan betina lebih mengacu pada entitas fisik sedangkan laki2 dan perempuan lebih mengacu pada entitas non fisik.

    .

    manusia itu secara natural termasuk golongan binatang ( primata homo sapien ) dan ini sebuah fakta yang sangat sulit di sangkal sebab ilmu kedokteran dan biologi punya fakta yang sangat kuat.
    .
    sedangkan manusia secara supra natural termasuk mahluk yang sangat sulit sekali didefinisikan. kalau dalam definisi agama ( ibrahimi ) malah manusia itu adalah khalifah /wakil tuhan yang derajatnya sangat agung serta suci sebab wajar saja jika semesta mahluk itu ( jin, malaikat , langit , bumi , surga, neraka serta semesta mahluk yang nyata ataupun yang gak nyata ) sujud pada manusia. kan wakil tuhan jadi wajarlah doms:mrgreen:
    .
    sebetulnya prespektif sains fisik dengan preseftif filsafat, agama dan dunia spiritualitas bisa dijembatani bahkan seluruhnya jadi bersifat saling melengkapi gitu.😛
    .
    yang jadi persoalan kenapa sains dan agama itu ampir gak pernah akur dan saling berantem sebab masing2 terlalu terpaku pada prespektifnya sendiri2 jadi wajarlah kalau gak pernah nyambung alias gak pernah ada titik temu😆
    .
    jadi menurut imajinasi saya:mrgreen: semuanya bisa dijembatani jika masing2 presepektif di kompilasi dalam satu prespektif yang kata orang sihh dinamai prespektif “ out of the box” . nah si mbah Einstein pun pernah bersabda bahwa seseorang itu mustahil mampu memecahkan satu persoalan jika orang tersebut stratanya masih mentok dimana masalah itu berada. intinya sih orang harus mampu keluar dari masalah jika ingin benar2 memahami masalah. lantas yang jadi masalahnya bagaimana cara keluar dari masalah itu ? ini juga kan satu masalah …!!!😆
    .
    jawaban singkatnya ada dalam wilayah sains metafisis , wilayah sains yang hanya diperuntukan bagi orang2 gila saja😆 jadi bagi orang yang masih waras di sarankan gak usah repot2 untuk mempelajarinya. ;mrgreen:

    .

    @ Lambang lagi
    .

    Wuah, pak profesor ngilang….

    .
    ada kok mas😀 , saya sedang istirahat aja sebab setelah dipikir-pikir ternyata terlalu banyak mikir tuh kurang baik bagi kesetanan kesehatan otak 😆

    .

    .

    .

  6. 6 Mizzy January 18, 2010 at 4:08 AM

    @ G3mbel:

    Berarti yang substansial di sini adalah membedakan antara manusia dengan primata, bukan? lalu setelah sudah bisa mendefinisikan manusia, barulah bisa membedakan antara perempuan dan laki-laki. Nah, kembali ke pertanyaan saya beberapa saat yang lalu..

    Apakah dan dan siapakah manusia itu?

    :mrgreen:

    tetep penasaran dengan jawaban lengkapnya

  7. 7 Lambang 212° January 18, 2010 at 11:39 AM

    @ G3mbel:

    Mendukung pertanyaan mbak Mizzy.
    *sambil bawa spanduk dan penggembira satu metromini*

    Apakah dan dan siapakah manusia itu?

    sambil menenangkan penggembira yang semakin ngga sabar

  8. 8 m4stono January 18, 2010 at 7:11 PM

    kalo menurut analisa secara kejawen bocor alus…….gender atau jenis kelamin itu terdiri dari wanito atau wanita yg artinya “wani di toto/noto” artinya wanita itu berani ditata atau menata….sedangkan di istilah lain adalah “wedok” yg punya makna “ngawe awe yen ndodok” kalau jongkok ada yg melambai lambai, nah apanya yg melambai lambai? silahkan diimajinasikan sendiri:mrgreen:

    sedangkan laki2 itu bahasa jawanya “lanang” yg artinya “ala ala menangan” atau jelek2 menang sendiri/berkuasa, kan lelaki itu maunya menang sendiri…katanya……:mrgreen:

    kalau secara bahasa jawa pesisiran agak kebarat, “laki” itu artinya “bersetubuh” hihi agak vulgar sih tapi itulah kenyataannya, maka dari itu laki2 itu artinya ya memang otaknya ngeres:mrgreen: contohnya saya dan mas lambang hihihihihi

  9. 9 Snowie February 13, 2010 at 6:10 PM

    *ikutan nungguin jawaban*

  10. 10 ossmed April 22, 2010 at 2:29 PM

    laki-laki adalah pemimpin
    perempuan adalah pendidik

    ^^

    salam kenal nihh
    sedang blogwalking dan ketemu blog menarik ini.. ditunggu kunjungan baliknya di http://www.ossmed.com

  11. 11 Mizzy July 2, 2010 at 5:40 AM

    *tok tok tok*

    *ketok pintu*

    Sepinyaaa~

  12. 12 dme1612 February 27, 2016 at 3:22 AM

    my website…

    http://tadika.tk

    terima kasih…

    6L4DM-7VT3E-SC7IR-T2SKQ-4K8VT


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




jadwal pentas

January 2010
S M T W T F S
« Dec    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

jumlah kunjungan

  • 7,212 hits

tamu istimewa

  • None

Top Posts


%d bloggers like this: