Dewasa…?

Saya masih bingung dengan makna dari kata dewasa ( mature ) , kalau saya cari dalam kamus maknanya : fully grown and developed over period of time
.
Seperti itukah pengertiannya..?
.
Sebenarnya apa sih makna, pengertian dari dewasa itu..? 🙄
.
Apakah dewasa itu bermakna pertambahan usia dari nol sampai sekian tahun. dimana ada masa yang cukup crusial di angka 17 atau 25 atau 40 atau 50…?
.
Nah kalau gitu mah kontradiktif dengan pepatah yang mengatakan :
.

menjadi tua itu satu kepastian sedangkan menjadi dewasa itu satu pilihan

.

dan anehnya saya berpikir bahwa anak-anak justru lebih mencerminkan sifat kedewasaan dari orang dewasa itu sendiri .
.
.
.
.
Kalau saya boleh tahu pengertian dewasa menurut anda itu bagaimana..?

35 Responses to “Dewasa…?”


  1. 2 zephyr November 3, 2009 at 6:51 AM

    Tidak ada definisi atau standar baku tentang apa itu dewasa dan kedewasaan, subjektif.. karena setiap individu diperkenankan memiliki/membuat definisi sendiri. mungkin hal-hal yang terkait dan identik dengan kedewasaan adalah; berpikir positif dalam menghadapi suatu hal/masalah, tidak mengedapankan emosi, berpikir lebih bijak (jangan tanya bijak itu apa, karena sama abstraknya dengan dewasa itu sendiri)😎
    .
    .

    Kedewasaan itu ada yang membagi dua, kedewasaan fisik dan mental (emosional), tapi… ada juga dewasa menurut hukum.
    .
    .
    .

    Yang komen masih belum dewasa😎

  2. 3 G3mbel November 3, 2009 at 10:31 AM

    @ Lumiere
    .

    euhm.. 😕

    .
    ya…, ada apa Lum … ?
    .
    iya-iya…, saya saya kira ini semua gak penting kan…?😀

    .

    @ Zephyr
    .

    Yang komen masih belum dewasa 😎

    .
    sepertinya memang begitu🙂

  3. 4 G3mbel November 4, 2009 at 3:00 PM

    @ Zephyr
    .
    eh iya saya lupa, kalau kedewasaan menurut hukum seperti bagaimana… ? siapa tau mungkin di sanalah jawabannya🙂

  4. 5 zephyr November 5, 2009 at 9:52 AM

    kalau menurut hukum saya kurang paham, karena ada sedikit beda patokan antara hukum pidana-perdata.

    hmm…. tapi ada juga dewasa menurut hukum agama (?) seseorang dikenai suatu peraturan/hukum suatu hal jika ia sudah dikatakan Aqil Baligh…

    BelumDewasadanSoktauBangetSayaini😎

  5. 6 S™J November 6, 2009 at 2:27 PM

    dewasa secara biologis tidak sama dengan dewasa filosofis?😎

  6. 7 G3mbel November 7, 2009 at 4:16 AM

    @ zephyr
    .
    kirain hukum yang bener2 hukum:mrgreen: , kalau masih terkait dengan hukum pidana, perdata atau hukum agama dan sejenisnya biasa jawabannya hanya itu2 juga. rada membosankan memang, itu sangatlah wajar sebab secara umum sumbernya tak lain adalah persepsi atas fenomena. sementara hukum yang sebenarnya hukum bukan berada di wilayah fenomena.
    .
    setau saya orang yang layak mempersepsikan hukum hanyalah seorang ‘ hakim ‘ . dan sudah pasti seorang hakim itu orang yang ‘ bijaksana ‘ . dan mustahil orang itu mencapai derajat kebijaksanaan jika dia belum dewasa:mrgreen:
    .

    @ Om Jenang
    .

    dewasa secara biologis tidak sama dengan dewasa filosofis?😎

    .

    ya betul Om keduanya tidak sama , tapi jika memakai presepektif ‘ hukum ‘ keduanya jadi selaras meskipun tidak sama .😀

  7. 8 illuminationis November 9, 2009 at 12:33 AM

    saya berpikir bahwa anak-anak justru lebih mencerminkan sifat kedewasaan dari orang dewasa itu sendiri.

    .
    nah ini alasannya apa?

  8. 9 G3mbel November 9, 2009 at 7:49 PM

    ^
    weleh2 orang nanya kok malah balik nanya:mrgreen:
    .

    nah ini alasannya apa?

    .
    anak2 adalah cermin sifat kejujuran dan kepolosan, dua sifat yang hampir sulit di temui pada orang2 yang sudah tua. biasanya semakin tua itu orang semakin hipokrit abis.
    .
    padahal cita2 nya ingin meraih kebenaran.
    .
    lahh jangankan kebenaran bayang2 kebenaran pun sepertinya mustahil diraih jika diri masih diselimuti sifat hipokrit.
    .
    awas jangan di salah arti bahwa saya sudah terbebas dari sifat hipokrit😀
    .
    .

    .
    kalau pengertian dewasa menurut mbak bagaimana…?

  9. 10 eliabintang November 10, 2009 at 9:33 AM

    kedewasaan seseorang itu ditentukan dari kebesaran hatinya..

    salam kenal yah!:mrgreen:

  10. 12 G3mbel November 11, 2009 at 4:31 AM

    @ eliabintang
    .

    kedewasaan seseorang itu ditentukan dari kebesaran hatinya..

    .
    haayyaah kalau terus2 membesar bisa terancam sakit liver ( pembengkakan hati ) . dan itu artinya harus cepet2 di operasi:mrgreen:
    .

    salam kenal yah! :mrgreen:

    .
    salam kenal kembali 😛
    .
    .

    @ ketiga
    .
    linknya kok cuma login fesbuks ?

  11. 13 Ali Sastro November 11, 2009 at 7:33 AM

    Kedewasaan itu sebuah istilah yang dibuat orang tua agar anaknya berhenti melawan ketika mereka sudah besar.

  12. 14 illuminationis November 11, 2009 at 12:35 PM

    @ Ali Sastro
    sudah besarmu itu maksudnya waktu ABG (gedean dikit dari kaum alay)? Bukannya kau sudah lama lewat fase itu?😎

    @ G3mbel
    terus “kebenaran” itu apa?

  13. 15 Ali Sastro November 11, 2009 at 1:02 PM

    @illuminationis

    Cukup besar untuk membanting ayahnya.:mrgreen:

  14. 16 G3mbel November 11, 2009 at 2:04 PM

    @ ali sastro
    .

    Kedewasaan itu sebuah istilah yang dibuat orang tua agar anaknya berhenti melawan ketika mereka sudah besar.

    .
    nah kalau yang ini saya setuju
    .
    .

    @ illuminationis
    .
    bujibuneng malah balik nanya lagi :mrgreen:
    .

    terus “kebenaran” itu apa?

    .
    kebenaran itu adalah realitas yang hadir ketika kita sudah tak kuasa lagi untuk menyalahkan dan mencari2 kesalahan.
    .
    .
    .
    eh saya lupa ngasih contoh kenapa anak2 jauh lebih dewasa dari seorang tua bangka :
    .
    al-kisah di satu keluarga ketika pagi begitu cerah, secerah langit biru yang tak berawan.
    .
    diceritakan seorang tukang kredit yang yang sudah kelelahan mengetuk pintu dan memanggil penghuni rumah.
    .
    sudah sekian lama, baru muncul seorang anak kecil membukakan pintu , lalu terjadilah dialog singkat :
    .
    anak kecil : Om kata mamah , mamah sedang tidak ada di rumah, mamah lagi kepasar.

    sejenak tukang kredit itu mengerutkan dahi
    .
    tukang kredit : oh jadi mamahmu sedang gak ada di rumah, ya anak manis…?
    .
    anak kecil : mamah ada di kamar Om, cuma kata mamah, mamah sedang tidak ada di rumah , mamah lagi ke pasar
    .
    dan dahi tukang kredit itupun semakin berkerut .

  15. 17 asffa November 12, 2009 at 6:16 AM

    Dewasa adalah sebuah kata saja. Kata-kata bisa banyak arti dan juga bisa diplesetkan juga artinya. Pepatah yang lu denger itu juga kata-kata cantik doank. Yang jelas dewasa itu bermakna bahwa seseorang telah mampu menentukan yang terbaik buat dirinya, baik itu benar buat orang lain maupun tidak. Artinya>>??? ENJOY AJA!!!

  16. 18 G3mbel November 12, 2009 at 6:29 AM

    @ asffa
    .

    Yang jelas dewasa itu bermakna bahwa seseorang telah mampu menentukan yang terbaik buat dirinya

    .
    ya ini juga saya setuju , intinya be independent

  17. 19 illuminationis November 12, 2009 at 12:28 PM

    contohnya bias gender! sekali-kali kasih contoh bapak yang suruh anaknya berbohong dong, ayo coba lagi.

  18. 20 G3mbel November 12, 2009 at 1:34 PM

    ^
    iya lupa saya, harusnya yang jadi modelnya tuh waria😀

  19. 21 jensen99 November 13, 2009 at 9:54 AM

    Dewasa adalah
    1] saat dimana seseorang tidak lagi tumbuh keatas tapi kesamping!
    2] saat2 sesudah lulus SMA atau masuk kuliah
    3] saat2 ditangkap Polisi karena gak punya KTP
    4] saat menjadi superhero dan menyelamatkan dunia
    5] lupa, nanti dikarang dulu~

    BTW, kenapa jujur dan polos = dewasa? Dewasa itu mestinya “tidak mudah ketahuan saat tidak jujur”.😎

  20. 23 G3mbel November 14, 2009 at 9:08 AM

    @ iluminationis
    .
    saya mikir cari contoh bapak yang nyuruh anaknya untuk berbohong itu sulit. karena biasanya sih kaum laki2 itu blak2kan.
    .
    berbohong itu satu tanda kelemahan, biasanya orang itu berbohong sebagai wujud self mechanism defence . setau saya seringnya dilakukan oleh kaum perempuan. kenapa demikian? , sebab seperti yang saya sebutkan pada postingan terdahulu :
    .

    laki-laki itu kelemahannya terletak pada kekuatannya , dan kekuatannya tersimpan pada keyakinannya . sementara perempuan itu kekuatannya terletak pada kelemahannya , dan kelemahannya terletak pada kelembutannya.

    .
    ini hanya pendapat saya saja, sah2 saja jika anda tak setuju.
    .
    umumnya perempuan itu secara fisik lebih lemah dari laki2 karena inilah justru banyak laki2 terpedaya, karena disanalah tameng terkuat kaum perempuan jika harus berhadapan dengan laki2.
    .
    kaum perempuan dalam kondisi terdesak bisa berkamuplase / tidak jujur ( lain di mulut lain di hati ) sementara laki2 justru sebaliknya dalam keadaan terdesak biasanya otaknya buntu dan terus menerus bersikeras pake ototnya semacam babi buta gitulaahh .😆
    .
    orang sering bilang jika ingin lihat warna asli seorang laki2 cobalah perhatikan ketika ia benar2 tersudut n terjepit sangat parah, masih ada otaknya ndak…?, jika masih tersisa otaknya berarti dia itu memang laki2 sejati🙂
    .
    seorang ayah bisa dikatakan mustahil mengajarkan bohong kepada anaknya karena sama artinya dengan mengingkari watak laki2 pada umumnya. justru seorang ayah akan marah besar jika anaknya ketauan berbohong apalagi itu terjadi pada anak laki2nya meskipun dia sendiri berpropesi sebagai maling ayam atau koruptor kelas kakap.
    .
    contoh di atas hanyalah pemisalan bagi seorang perempuan yang bener2 buruk yang tidak mewakili keseluruhan tentunya.
    .
    seharusnya jika dia seorang ibu yang baik, sejak dini harus menasehati anak laki2nya agar harus selalu waspada dengan mahluk yang namanya perempuan karena selain dari dirinya perempuan itu bisa sangat membahayakan. adalah kesalahan besar jika laki2 menganggap bahwa semua perempuan itu seperti ibunya.

    .

    intinya saya gak bisa ngasih contoh

    @ Jensen99
    .

    BTW, kenapa jujur dan polos = dewasa?

    .
    from zero back to the zero ada yang bilang hidup itu hanyalah perjuangan memperoleh kesadaran yang tidak ada ketika kita balita. makanya jika satu musim kompetisi gagal orang yang sudah tua biasanya kembali ke sifat kanak2 lagi ( pikun ), tentunya anak2 yang sangat tidak lucu alias menyebalkan.
    .
    kalau ternyata sukses idealnya sih jadi maha resi atau begawan.
    .

    Dewasa itu mestinya “tidak mudah ketahuan saat tidak jujur”.

    .
    yang begini mah bukan dewasa atuh tapi pengecut dan oportunis, kedua sifat yang haram di miliki oleh mahluk berpenis :mrgreen:

  21. 24 illuminationis November 14, 2009 at 4:13 PM

    hmmm
    .
    tampaknya ada unsur pengalaman pribadi a.k.a. curhat.
    .
    saya tidak komentar lebih lanjut.

  22. 25 Ketiga November 15, 2009 at 3:42 AM

    oya ya, ga bisa kebuka? err itu ada di notes fesbuk saya sih, bertanya ttg kedewasaan, dan ada salah satu jawaban fenomenal yang mungkin patut dibaca juga….sebenarnya itu sih sindiran buat sy sendiri,
    krn sy sering dibilang ga dewasa dan manja…

  23. 26 G3mbel November 16, 2009 at 3:35 AM

    @ ketiga
    .

    ada salah satu jawaban fenomenal yang mungkin patut dibaca juga….

    .
    kalau mbak/teteh gak keberatan , bolehlaah tuliskan kembali di sini🙂

  24. 27 Irwan November 26, 2009 at 4:05 PM

    Kirain lagi diskusiin perang nuklir.
    Dewasa itu,bisa mandi sendiri.
    Dari anak kecil menjadi anak gede,dah itu kecil lagi deh (pikun lupa ingatan gak bisa mandi sendiri).
    Terus mampus deh.
    Mengikuti hukum alam.
    Dewasa itu mampu memilih sendiri.walaupun yang di pilih belum tentu bisa di miliki.
    ‘ dah gitu aja dulu’ ..

  25. 28 watonist December 19, 2009 at 5:03 AM

    dan anehnya saya berpikir bahwa anak-anak justru lebih mencerminkan sifat kedewasaan dari orang dewasa itu sendiri

    lebih natural, lebih jujur, lebih sederhana dan lebih realistis, mungkin iya …
    tapi lebih dewasa, belum tentu … karena dewasa mensyaratkan kesadaran.
    tapi, ya … saya setuju bahwa “umur tidak selalu berbanding lurus dengan kedewasaan”.

  26. 29 G3mbel December 19, 2009 at 7:43 AM

    ^
    .
    kata anak itu juga tidak independen mas , sama seperti kalimat “jesus anak Allah”😀

    • 30 watonist December 19, 2009 at 9:24 AM

      betul, tidak independen …
      tapi karena ada pembandingnya (… anak-anak … orang dewasa …) maka saya anggap cukup untuk menyamakan persepsi (walaupun sangat boleh jadi tidak benar-benar tepat), begitu pula dengan kata “orang dewasa” disitu😀

  27. 31 G3mbel December 19, 2009 at 1:17 PM

    ^
    .
    makanya saya membagi dua jenis usia yaitu usia fisis dan usia metafisis. usia fisis terkait dengan gerak di alam fisis sedangkan usia non fisis terkait dengan gerak di alam non fisis.
    .
    sehingga ruang dan waktu pun terbelah menjadi dua yaitu fisis dan non fisis pula . manakah yang asli dan manakah yang semu..?

    • 32 watonist December 19, 2009 at 2:37 PM

      ^

      wah … kalau yang non fisis saya ndak kapable untuk menjangkaunya mas G3m😀

      oh iya, saya malah belum jawab pertanyaannya😀

      begini, dewasa itu menurut saya intinya adalah pada kemampuan untuk bertanggung jawab.

  28. 33 G3mbel December 20, 2009 at 5:50 AM

    ^
    .

    begini, dewasa itu menurut saya intinya adalah pada kemampuan untuk bertanggung jawab.

    .
    nah ini juga bisa malah yang ini jauh lebih sederhana

  29. 34 bendher garuda June 4, 2011 at 10:04 PM

    umur kita berjalan dengan sendirinya, tapi ke dewasaan kalau kita tak membimbing
    dewasa tak mungkin ber jalan…
    bagaimana caranya untuk dewasa kita ber jalan….?
    kita selalu cari pengalaman,
    karna penghargaan yang paling berharga adalah pengalaman
    dan di situ kita dapat titik terang dari ke dewasaan….

  30. 35 Author's external home page... April 6, 2013 at 9:58 PM

    Magnificent beat ! I wish to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for
    a blog web site? The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast
    offered bright clear idea


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




jadwal pentas

November 2009
S M T W T F S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

jumlah kunjungan

  • 7,212 hits

tamu istimewa

  • None

Top Posts


%d bloggers like this: